KULIAH LAPANGAN PENGENALAN KEBUMIAN JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN FAKULTAS TEKNIK - UNTAN DI KALBAR MINERALS CENTER

  Senin, 9 November 2020 14:51 WIB   0 Komentar   280 view
Image

Mahasiswa  Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura telah melakukan kegiatan Kuliah Lapangan Pengenalan Ilmu Kebumian di Pusat Pelatihan dan Pengenalan Mineral dan Batubara, tepatnya di lokasi Kalbar Mineral Center (KMC) Desa Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya pada tanggal 7, 8, 14 dan 15 November 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud dan tujuan antara lain untuk memberikan pembekalan kepada para Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura terhadap apa yang harus diketahui dan dimiliki terutama ketrampilan terkait dengan pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan Pertambangan yang akan dihadapinya.

Kegiatan kuliah lapangan pengenalan kebumian ini, menurut Ketua Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Tanjungpura  (Budhi Purwoko, ST., MT) berkaitan dengan Program Kegiatan Jurusan Teknik Pertambangan yang harus dilaksanakan sesuai dengan agenda yang telah dibuat dan direncanakan pada Tahun 2020, juga dalam rangka menindaklanjuti Perjanjian Kerjasama antara PERHAPI Perwakilan Kalimantan Barat dengan Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Nomor : 26/PKS/IX/Perhpi-Kalbar/2020 dan Nomor : 56/K-T Pertambangan/2020 tanggal 18 September 2020.

Adapun Ketua Pengelola P3MB - KMC (Agustinus Nopi, ST) menjelaskan bahwa, Pusat Pelatihan dan Pengenalan Mineral & Batubara Kalimantan Barat  atau yang disebut dengan “P3MB”  merupakan hasil kerjasama antara  PERHAPI Perwakilan Kalimantan Barat dengan Pengurus Daerah IAGI Kalbar. P3MB dibentuk dengan tujuan sebagai tempat penyampaian informasi , pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi Mahasiswa, Pelajar dan Masyarakat Umum yang ingin mengetahui dan mengenal  lebih lanjut tentang kegiatan Pertambangan, Geologi serta potensi Sumberdaya Mineral dan Batubara di Provinsi Kalimantan Barat.

P3MB  ini berlokasi di Desa Kuala Dua dan biasa disebut dengan “KALBAR MINERALS CENTER” atau disingkat KMC. Ditempat ini semua pengunjung akan diberikan informasi terkait  adanya  beberapa potensi sumberdaya mineral dan batubara  Kalimantan Barat yang prospektif  serta bisa dikembangkan lebih lanjut untuk kesejahteraan rakyat Provinsi Kalimantan Barat apabila dimanfaatkan sesuai dengan kaidah pertambangan yang baik dan benar (Good Mining Practise) serta berwawasan lingkungan.

Selain sebagai tempat dilakukan  pelatihan peralatan pertambangan dan pemetaan lapangan bagi pengunjung baik Mahasiswa, Pelajar maupun Masyarakat Umum. Dilokasi ini juga merupakan pusat informasi tentang potensi Sumberdaya Mineral dan Batubara yang ada di Kalimantan Barat, juga  pengenalan mineral dan batubara secara megaskopis dan metode pengolahan mineral dan batubara.

Foto Bersama Ketua P3MB-KMC  Kalimantan Barat dengan Dosen UNTAN  dan  Mahasiswa Jurusan Tambang serta Para Pengajar yang berasal dari berbagai Perusahaan atau Konsultan / Praktisi Pertambangan.

Kegiatan Pengenalan Bahan Galian yang ada di Kalimantan Barat kepada para Mahasiswa  Jurusan Teknik Pertambangan disampaikan oleh Pengajar dari Perusahaan  atau Konsultan Tambang / Praktisi Pertambangan.

Pengenalan Peralatan Navigasi dan Eksplorasi yang nantinya harus dikuasai pada waktu melakukan pekerjaan disektor Pertambangan  kepada para Mahasiswa  Jurusan Teknik Pertambangan  disampaikan oleh Pengajar dari Perusahaan  atau Konsultan Tambang / Praktisi Pertambangan.

Kegiatan RESPONSI Bahan Galian Tambang yang dilakukan oleh Para Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan dalam rangka  Pengamatan dan Pengenalan bahan Galian yang ada di Kalimantan Barat.

Para pengajar memberikan penjelasan materi kegiatan Persiapan Peledakan yang disampaikan kepada mahasiswa Jurusan Pertambangan di lokasi tempat pelatihan Pengeboran batu dan Perakitan bahan Peledak P3MB - KMC

Ketua PERHAPI Kalbar dan Ketua P3MB serta Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan melakukan Foto Bersama di Gedung Antimoni KMC-Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya Kalbar.

Foto bersama  Para Pengajar P3MB-KMC yang berasal dari Pelaku Usaha dan Konsultan/Praktisi  yang tergabung dalam Asosiasi Keprofesian PERHAPI Perwakilan Kalbar dan Pengurus Daerah IAGI Kalimantan Barat.

TIDAK ADA KOMENTAR
TINGGALKAN KOMENTAR